Mahluk Penghuni Shiltz


Human

INVISIBLE_TEXT

Manusia biasa adalah ras paling umum di Shiltz. Elim memilih mereka sebagai perwakilan mereka dalam perang melawan Balie.

Gipsy, sekumpulan manusia yang selamat dari serangan Bale di masa lampau. Mereka hidup berpindah-pindah di atas karavan ke seluruh wilayah Shiltz. Mempunyai kepercayaan tersendiri yang unik, dan keahlian untuk menghibur, mereka sering singgah di desa atau kota. Tempat pemberhentian mereka yang jauh dari desa maupun kota, menjadi tempat para petualang yang dalam perjalanan untuk membeli barang-barang kebutuhan.

INVISIBLE_TEXT

INVISIBLE_TEXT

Bale

INVISIBLE_TEXT

Guardian dari Balie, sebagai wakil peperangan mereka, yang hidup berkelompok. Konsepnya sama dengan monster. Bale mempunyai insting bermusuhan terhadap bale lain yang berlainan jenis dan juga terhadap manusia.
Tidak seperti manusia, ras Bale banyak jenisnya dan mereka berbicara tidak dengan bahasa yang sama. Walaupun begitu, mereka tetap akan sama-sama menyerang manusia bila bertemu.
Dibandingkan manusia, kekuatan dan sihir Bale tidak begitu kuat, tetapi grup Bale yang tersistemasi akan mempunyai kekuatan yang sama, atau bahkan melebihi manusia.
Alasan bale menyerang manusia biasanya adalah karena alasan mempertahankan teritori mereka dan juga kebutuhan akan makanan.

INVISIBLE_TEXT

INVISIBLE_TEXT

Elim

INVISIBLE_TEXT

Mahluk indah berwujud manusia. Mereka adalah pelindung manusia secara tidak langsung. Namun mereka tetap membantu manusia saat berperang melawan Bale.
Nama Ibukota Shiltz diambil dari nama mereka.

Ada sepuluh Elim yang mengawasi Shiltz. Pemimpinnya adalah Kettere. Posisinya lebih tinggi daripada yang lain.
Kedua adalah Hokma, yang bijak. Dia menyukai anak-anak yang belajar dengan rajin dan dia melindungi pengetahuan.
Selanjutnya adalah Vinagh sang pelindung. Vinagh seperti ibu dari manusia dan melindungi dari kegelapan dan kejahatan. Itulah sebabnya para Craftman yang membuat baju dan perisai, sering berdoa kepada Vinagh.
Setelah Hokma ada Hesed yang baik hati. Dia paling dekat dengan manusia.
Sebelah Hesed dan di bawah Vinagh ada Dean. Memiliki kekuatan fisik yang hebat untuk menegakkan hukum dan keadilan.
Elim keenam adalah Tipareth. Dia adalah dewi kecantikan yang dikelilingi oleh Dean, Vinagh, dan Neza. Dia mencintai hal indah. Dia juga senang jika manusia bahagia.
Ketujuh adalah Neza, pembawa keberuntungan. Dia melindungi pengelana, petualangan, dan pelaut. Dia menyebarkan keberuntungan dan membantu orang menggapai impiannya. Hod melindungi pemimpin. Dia juga membantu Sang Permaisuri.
Yesod mengatur organisasi. Dia berada di tingkat yang rendah, tapi mengatur semuanya. Malkuth membuat kembali dunia ini.[1]

INVISIBLE_TEXT

INVISIBLE_TEXT

Balie

INVISIBLE_TEXT

Dewa bayangan dari para Elim, yang menciptakan para Bale untuk menyerang manusia.
Sepuluh Elim, berarti sepuluh Balie. Metatron Sang Kutukan, Raziel sang Kelicikan,  Zakiel sang Keganasan, Sakiel Sang Peperangan, Samael Sang Penghukum, Zikael Sang Pendendam, Hanaiel Sang Kesialan, Lanael Sang Kegelapan, Galadriel Sang Kekacauan, dan Sandalpon Sang Penghancur.
Beda dengan Elim yang menjadi pelindung manusia, hubungan antara Balie dan Bale adalah hubungan majikan yang mengontrol budaknya. Balie mengendalikan Bale untuk meneror manusia. Dibandingkan menjadi mahluk ciptaan biasa, Bale dipaksa untuk menuruti perintah Bale, bukannya secara sukarela. Walaupun ada Bale yang memang memuja Balie.
Balie hidup abadi dengan melahirkan generasi berikutnya. Balie tidak begitu saja bangkit, tapi melalui tahap larva, baru kemudian menjadi dewasa.

INVISIBLE_TEXT

INVISIBLE_TEXT

Fairy

INVISIBLE_TEXT

Mahluk ciptaan Elim yang sudah ada sebelum manusia diciptakan oleh Elios, dengan hati yang baik dan rupa yang cantik. Sebagian besar mempunyai wujud wanita atau mahluk yang tidak jelas gendernya, yang mempunyai kemampuan sihir spesial.
Para peri senantiasa menolong mahluk lain. Mereka hidup atas dasar hubungan kontraktual, hubungan saling menguntungkan, dan saling mengisi.
Para peri suka berteman dan berkumpul. Satu suku adalah jiwa dari semua suku untuk membagi sesuatu. Ayah dan putranya, ibu dan putrinya, saudara dan teman, saling berbagi ingatan dan pengalaman.
Mereka tercipta hampir bersamaan dengan terbentuknya Shiltz. Saat itu juga, waktu untuk mereka seakan terhenti. Para peri dapat hidup ratusan tahun atau lebih, jauh dari jangka waktu hidup manusia biasa.

Esphe, peri waktu. Esphe dilahirkan pada waktu yang sama. Esphe dilahirkan di beberapa tempat sekaligus.
Peri waktu tidak dapat menguasai waktu saat mereka pertama dibangkitkan. Mereka akan menjelajah waktu yang berbeda, melihat awal Shiltz dan akhir dari Shiltz. Hingga suatu saat mereka akan dapat menguasai waktu ketika telah dewasa.

INVISIBLE_TEXT

Sumber: jSO dgn web translator
[1] Buku Tentang Elim

13 Komentar

13 thoughts on “Mahluk Penghuni Shiltz

  1. Chroma

    emm…
    ketika quest melawan hananiel, bukankah arus membisikkan sesuatu kepada hananiel?
    sepertinya hananiel tidak percaya sampai ngomong “bohong, bohong, bohong! aku tidak percaya!”
    ada yang tau arus membisikkan apa?

    • Sayangnya aku blm tau isi bisikan Arus pada Hanaiel itu apa… klo aja lanjutan main quest utama ga mentok di Samael, mungkin bisa dikorek apa kata2 Arus itu.
      Atau yaa… biarkan itu menjadi misteri, hahaha.

    • Sepertinya tentang Elim dan Balie itu bagaikan 1 koin dengan 2 sisi, ada kok di quest tentang nama asli Galadriel setelah menyampaikan terima kasih dari Arus, kalau Elim dan Balie itu sebenarnya malaikat, satu sisi mencintai manusia sisi lainnya menghakimi manusia, dan bila salah satu Elim/Balie dikalahkan maka kekuatannya akan melemah/menghilang dan lenyap bersamaan dengan counterpartnya

      Galadriel dan Yesod contohnya, ketika Galadriel masuk ke tubuh Arus dan melindungi jiwanya karena tersentuh oleh Arus maka seketika itu juga Yesod pun kehilangan kekuatannya (Black Hair Kid di Gua Silon)

      Begitu juga klo ngikut quest mengalahkan Hanaiel, ketika Hanaiel dikalahkan Neza pun juga berangsur2 akan menghilang ada di dialognya setelah mengalahkan Hanaiel berbicara lagi dengan Neza nanti ada dikasih tau

      Cmiiw

      • “Elim adalah cahaya, dan Balie lahir dari bayangan mereka.”
        Jadi memang seperti dua sisi dari satu koin.

        Yang jadi kontroversial dalam dalam cerita Seal Online ini adalah cara yang ditempuh Arus untuk membuat Shiltz damai dan tidak ada perang lagi antara manusia dan Bale. Alih-alih menyingkirkan Balie secara langsung, Arus malah menyingkirkan Elim. Karena jika Elim hilang, otomatis Balie counterpartnya juga hilang.

        Oh, iya. Hanaiel dikalahkan bukan berarti lalu dengan Neza berangsur-angsur akan menghilang. Hanaiel sebenarnya hanya dihancurkan tubuh asli Balienya dan jiwanya disegel dalam kristal. Karena Balie dalam tubuh aslinya mempunyai kekuatan yang sangat besar, hingga sangat berbahaya untuk dipindahkan ke dimensi lain. Untuk melemahkan Hanaiel, Neza menyegel kekuatannya sendiri (perhatikan tangan Neza yang terikat).

        Setelah mengalahkan Hanaiel, Arus meminta Neza yang berpindah ke dimensi lain. Otomatis jiwa Hanaiel akan ikut bersamanya. Lebih mudah daripada memaksa Hanaiel yang berpindah ‘kan.

        Sama seperti waktu Arus membuat Vivi -alias Vinagh, yang berpindah ke dimensi lain, bukannya Sakiel yang dipindah.

        Itukah balasan manusia yang selama ini sudah dilindungi oleh Elim? Hmm…

        • Yang jadi kontroversial dalam dalam cerita Seal Online ini adalah cara yang ditempuh Arus untuk membuat Shiltz damai dan tidak ada perang lagi antara manusia dan Bale. Alih-alih menyingkirkan Balie secara langsung, Arus malah menyingkirkan Elim. Karena jika Elim hilang, otomatis Balie counterpartnya juga hilang.///

          Yup, mangkanya ketika selesai quest dan bertemu Greywind (rasanya Greywind itu sucessornya Raziel ya???) yang dimasa depan saya lebih milih “masa depan Duran” :3, Arus ama Claire sih yang penting gak ada perang di Shiltz apapun caranya, :3

          Note: well kayaknya hal tersebut yang membuat Duran dan Arus gak akur ampe2 melakukan pemberontakan, dan kisah cinta pahlawan pun twisted, Duran gak ingin Baldea yang dicintainya menghilang (walau Baldea setengah manusia dan mungkin jadi manusia biasa tapi kayaknya “sisi peri” nya lebih dominan cmiiw), begitu pula Baldea menghilang dan sangat hawatir ama Duran karena mellihat masa depannya, Claire lebih mencintai Duran daripada Arus, Arus masa bodoh ama Claire :3

          Untuk melemahkan Hanaiel, Neza menyegel kekuatannya sendiri (perhatikan tangan Neza yang terikat).///

          Sebenarnya gak yakin sih, saya main di private server pake bahasa Ingris Neza membuat istana labirin penuh dengan robot buatan Neza agar Hanaiel gak kabur, dan setelah Hanaiel dikalahkan bicara ama Neza malah muncul dialog yang saya ingat sih cuman “I will gradually disappear”, nanti ah coba ngambil questnya lagi mudahan bisa di screenshot dialognya :3

          • hubungan duran-baldea bisa dibaca di bagian short fanfic, kurang lebih mendekati canonnya di game pc.
            ga tau klo claire itu mencintai duran ato hanya sebatas care ato krn merasa diacuhkan oleh arus sih. blm kelar maen game pcnya krn kendala bahasa. tapi imo, arus bukan ga peduli sama sekali dgn claire. justru krn dia mencintai claire, dia memilih untuk pergi sendiri mencari balie/elim. dan mereka punya anak sampe dua gitu.

            ttg neza, klo di sealindo saat player ingin menghilangkan hanaiel, neza menjawab, “ya… dan aku harus menghilang.”
            ‘harus’ bukannya ‘perlahan menghilang’. susah jg sih klo ga liat yg aslinya dr korea.

  2. Imjooseo

    good job!!
    walopun gambarnya kartun, cerita game SEAL emang dalem… thanks for sharing!
    gw paling suka quest jejak pahlawan dan quest jejak bale. merepotkan, tapi kalau kita enjoy ceritanya, jelas ga akan berasa. vivi n tristan juga bikin terharu.

    btw klo ga salah Arus bisikin “Aku adalah Galadriel.”…. trus Hanaiel bilang bohong, dia ga percaya… gw dah 3 tahunan ga main lagi 😦

    • sblm bisikan rahasia itu, Arus udah bilang klo dia adalah Galadriel dan Hanaiel pun tahu ttg Galadriel yg memilih masuk ke dalam raga manusia…
      Arus jg bilang sesuatu ttg “kebenaran yg telah lama dilupakan”, nah “kebenaran” itu yg dibisikkan ke Hanaiel…
      jadi… tetep ga tahu apa bisikan Arus yg sbnrnya… ^^a

  3. bukannya ada 1 ras lagi…..yang di buat manuel?

    ALEPH!….haha

    • hah! bener juga.
      tapi aleph itu mahluk yg diciptakan tidak sengaja oleh manusia, bukan oleh Elios ataupun Elim/Balie.
      jadi, masuknya ke subras kali ya 🙂

  4. Endi

    Bisa ceritain soal vivi sama tristan ga..? Udh baca sdikit sih, tp karna layarnya muter2 bkin puyeng, jd ga baca smpe lengkap. Kayanya mengharukan bgt

  5. samuel

    kak aku minta keseluruhan cerita ttg seal donk … lagi bikin novel ttg game2 online yg ada di indonesia hehehe.. aku juga main seal cuman gak pernah jalanin quest utamanya… aku emank lebih suka story Seal yg rumit dan romantis daripda story2 game online lain sih hehehe….

Tinggalkan komentar

Blog di WordPress.com.